Info HPV & Penyakit terkait HPV

Hal Dasar yang Harus Diketahui tentang HPV

Hal Dasar yang Harus Diketahui tentang HPVFoto ini hanya sebagai ilustrasi

Human Papillomavirus (HPV) adalah infeksi menular seksual yang paling umum terjadi di Amerika Serikat (AS) sehingga hampir semua laki-laki dan perempuan yang aktif secara seksual berisiko mendapatkan virus ini. Hampir 80 juta orang AS, yang sebagian besar berusia akhir belasan tahun dan awal 20-an, terinfeksi HPV.

HPV disebarkan melalui kontak kulit ke kulit dalam hubungan intim. Anda berisiko mendapatkan HPV melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang memiliki virus tersebut.

Ada banyak jenis HPV; sekitar 200 jenis HPV telah berhasil diidentifikasi. Beberapa jenisnya dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk kutil kelamin dan kanker. Jenis-jenis HPV sering juga disebut sebagai "non-onkogenik" (penyebab kutil) atau "onkogenik" (penyebab kanker).

Meskipun sebagian besar infeksi HPV tidak menunjukkan gejala dan sembuh dengan sendirinya, HPV dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker lainnya termasuk kanker vulva, vagina, penis, atau anus. Ini juga dapat menyebabkan kanker di bagian belakang tenggorokan, termasuk pangkal lidah dan amandel (disebut kanker orofaringeal). Setiap tahun di AS, diperkirakan HPV menyebabkan hampir 44.000 kasus kanker pada pria dan wanita.

Jumlah Kasus Kanker Baru yang Diasosiasikan dengan HPV setiap Tahunnya 

Hal Dasar yang Harus Diketahui tentang HPV

Seperti yang Anda lihat, HPV dan kanker terkait tidak hanya menyerang wanita. Lebih dari 4 dari 10 kasus kanker yang disebabkan oleh HPV terjadi pada pria.

Kabar baiknya, vaksin dapat membantu melindungi Anda sebelum terkena infeksi. Karenanya vaksin HPV direkomendasikan penggunaannya sejak dini dengan tujuan untuk melindungi Anda jauh sebelum terpapar virus. Dua dosis vaksin HPV direkomendasikan untuk anak usia 11-12 tahun (vaksin dapat diberikan mulai usia 9 tahun). Jika saat ini Anda belum mendapatkan vaksin HPV, bicarakan dengan dokter Anda.

Setiap tahun, hampir 12.000 wanita yang tinggal di AS didiagnosis menderita kanker serviks, dan lebih dari 4.000 wanita meninggal akibat kanker serviks—bahkan setelah melakukan skrining dan proses pengobatan.

Kanker serviks adalah kanker paling umum keempat yang terjadi pada wanita di seluruh dunia, dengan lebih dari 500.000 kasus baru diperkirakan setiap tahun.

HPV menginfeksi jaringan epitel, jaringan yang menutupi organ. Kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak tahu mereka mengidapnya, dan sistem kekebalan tubuh bisa menghilangkan infeksi HPV secara alami dalam satu atau dua tahun — bahkan tipe onkogenik sekalipun. Namun, ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat menyingkirkan infeksi jenis HPV onkogenik, ia dapat bertahan lama dan mengubah sel normal menjadi sel abnormal dan kemudian menjadi kanker.

Kanker selalu dinamai untuk bagian tubuh tempat ia bermula, meskipun kemudian menyebar ke bagian tubuh lain. Ketika kanker dimulai di leher rahim, itu disebut kanker serviks. Leher rahim menghubungkan vagina (jalan lahir) ke bagian atas rahim. Rahim adalah tempat bayi tumbuh saat wanita hamil.

Hal Dasar yang Harus Diketahui tentang HPV

Di antara kanker akibat infeksi HPV, kanker serviks invasif dianggap yang paling penting di seluruh dunia, dengan sekitar 570.000 kasus baru dan lebih dari 300.000 kematian pada tahun 2018. Kanker serviks paling sering terjadi pada wanita di atas usia 30 tahun.

Infeksi dengan tipe HPV risiko tinggi memang dapat berkembang hingga menjadi kanker serviks, tetapi tipe HPV ini tidak dapat langsung menyebabkan kanker dengan sendirinya. Sebagian besar wanita dengan infeksi HPV, bahkan tipe HPV risiko tinggi, tidak berkembang menjadi kanker.

Tes skrining dan vaksin HPV dapat membantu Anda mencegah kanker serviks. Ketika kanker serviks ditemukan lebih awal, itu sangat dapat diobati dan berhubungan dengan kelangsungan hidup yang panjang dan kualitas hidup yang baik.

Sumber

Diadaptasi dari:

Centers for Disease Control and Prevention. “Teen Newsletter: January 2021 – HPV”. Diakses pada: 16 Maret 2023. 

Link: https://www.cdc.gov/museum/education/newsletter/2021/jan/#introduction-hpv 

Konsultasikan dengan Dokter Anda untuk skrining serviks dan vaksinasi HPV.
ID-NON-00419 | APR 2023

*Kami akan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, dengan tidak
menggunakan alamat e-mail diluar kebutuhan merespon pertanyaan Anda.

Silakan cek kebijakan privasi kami di sini.

Belum Ada Komentar
Artikel Terkait