Info HPV & Penyakit terkait HPV

HPV dan Pria - Kumpulan Fakta

HPV dan Pria - Kumpulan FaktaFoto ini hanya sebagai ilustrasi

Human Papillomavirus (HPV) adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Vaksin HPV dapat mencegah beberapa efek kesehatan yang disebabkan oleh HPV. Kumpulan fakta ini dapat menjawab pertanyaan dasar tentang HPV dan pria.

Apa itu HPV?

HPV adalah IMS yang sangat umum. Di antara usia 15 hingga 59 tahun, 2 dari 5 (sekitar 40%) orang akan terkena HPV. Ada banyak jenis HPV; dan kebanyakan tidak menyebabkan masalah kesehatan.

HPV adalah virus yang berbeda dari HIV atau herpes (HSV).

Bagaimana pria terinfeksi HPV?

Anda bisa terinfeksi HPV dengan melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang memiliki virus tersebut, dengan penyebaran yang paling sering terjadi adalah seks vaginal dan anal. HPV juga dapat menular melalui sentuhan dari kulit-ke-kulit saat berhubungan seks. HPV dapat menyebar bahkan ketika orang yang terinfeksi tidak memiliki tanda atau gejala sekali pun.

Jika Anda aktif secara seksual, Anda bisa mendapatkan HPV bahkan jika Anda berhubungan seks hanya dengan satu orang. Gejala dapat muncul bertahun-tahun setelah Anda berhubungan seks dengan seseorang yang telah terinfeksi. Ini menjadi penyebab sulitnya mengetahui kapan tepatnya Anda pertama kali terinfeksi HPV.

Apa saja gejala HPV?

Kebanyakan pria yang terkena HPV tidak pernah mengalami gejala. Infeksi biasanya hilang dengan sendirinya. Tapi, jika HPV tidak hilang, ini bisa menyebabkan kutil kelamin atau jenis kanker tertentu.

Bicaralah dengan tenaga kesehatan Anda tentang sesuatu yang baru atau tidak biasa pada penis, skrotum, anus, mulut, atau tenggorokan Anda. Ini termasuk:

●      Munculnya kutil,

●      Pertumbuhan yang tidak biasa,

●      Terdapat benjolan, atau

●      Luka.

Apakah HPV akan menyebabkan masalah kesehatan bagi saya?

Sebagian besar infeksi HPV sembuh dengan sendirinya dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun, jika HPV tidak kunjung sembuh, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil kelamin. Itu juga dapat menyebabkan jenis kanker tertentu.

Masih belum diketahui mengapa HPV menyebabkan masalah kesehatan pada beberapa orang dan tidak pada orang lain.

Apa saja gejala kutil kelamin?

Kutil kelamin biasanya muncul sebagai benjolan kecil atau kumpulan benjolan di area kelamin. Mereka bisa kecil atau besar, timbul atau rata, atau berbentuk seperti kembang kol. Kutil bisa hilang, tetap sama, bertambah besar atau bertambah banyak jumlahnya. Tenaga kesehatan biasanya dapat mendiagnosis kutil kelamin dengan melihatnya. Kutil kelamin bisa kembali lagi, bahkan setelah dilakukan pengobatan. Jenis HPV yang menyebabkan kutil tidak menyebabkan kanker.

Bisakah HPV menyebabkan kanker?

Ya. HPV sendiri bukanlah kanker tetapi dapat menyebabkan perubahan pada tubuh yang berujung pada kanker. Infeksi HPV biasanya hilang dengan sendirinya. Jika tidak, mereka dapat menyebabkan jenis kanker tertentu tumbuh. Ini termasuk:

●      Kanker serviks pada wanita

●      Kanker penis pada pria

●      Kanker anus pada wanita dan pria

●      Kanker oropharyngeal, kanker di bagian belakang tenggorokan, termasuk pangkal lidah dan amandel

Semua kanker ini berasal dari infeksi HPV yang tidak kunjung sembuh. Kanker tumbuh dengan lambat. Bisa saja dapat terdiagnosis dalam waktu bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun, setelah seseorang terkena HPV. Saat ini, belum ada cara untuk mengetahui siapa yang dapat terkena kanker setelah terinfeksi HPV.

Seberapa umum kanker dari HPV pada pria?

Kanker dari HPV tidak umum pada pria.

Beberapa pria tertentu lebih mungkin mengembangkan terkena kanker dari virus HPV, seperti:

●      Pria dengan sistem kekebalan yang lemah (termasuk mereka yang hidup dengan HIV).

●      Pria yang melakukan seks anal lebih mungkin terkena HPV anal yang kemungkinan dapat berkembang menjadi kanker anus.  

Apakah ada tes HPV untuk pria?

Tidak, saat ini tidak ada tes yang disetujui untuk HPV pada pria.

CDC tidak merekomendasikan pengujian rutin (juga disebut 'skrining') untuk HPV pada pria. CDC juga tidak merekomendasikan tes rutin untuk penyakit dari HPV sebelum ada tanda atau gejala pada pria. Beberapa tenaga kesehatan menawarkan tes pap anal untuk pria yang mungkin berisiko lebih besar terkena kanker anus. Ini termasuk laki-laki dengan HIV atau laki-laki yang menerima seks anal. Jika Anda memiliki gejala dan memiliki kekhawatiran tentang kanker, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter.

Dapatkah saya menerima pengobatan untuk HPV atau masalah kesehatan yang berkembang dari HPV?

Tidak ada pengobatan khusus untuk HPV. Tapi, ada pengobatan untuk masalah kesehatan yang berkembang dari HPV. Dokter Anda dapat mengobati kutil kelamin dengan memberikan obat resep. Kanker dari HPV akan lebih baik ditangani ketika ditemukan dan diobati sedini mungkin. 

Bagaimana saya bisa menurunkan kemungkinan saya terinfeksi HPV?

Ada dua langkah yang dapat Anda ambil untuk menurunkan kemungkinan terinfeksi HPV dan menderita penyakit dari HPV, yaitu:

●      Melakukan vaksinasi. Vaksin HPV efektif dapat melindungi pria dari kutil dan kanker tertentu yang disebabkan oleh HPV. Idealnya, Anda harus mendapatkan vaksinasi sebelum berhubungan seks.

●      Gunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks. Ini dapat menurunkan peluang Anda terkena semua IMS, termasuk HPV. Namun, HPV dapat menginfeksi area yang tidak terlindungi oleh kondom. Jadi, kondom mungkin tidak memberikan perlindungan penuh terhadap HPV.

Apa tandanya jika saya atau pasangan saya terinfeksi HPV?

Temui tenaga kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan tentang sesuatu yang baru atau tidak biasa pada bagain tubuh berikut dari Anda atau pasangan Anda:

●      Penis,

●      Skrotum,

●      Anus,

●      Mulut, atau

●      Tenggorokan

Apa pun yang baru atau tidak biasa bisa berupa kutil, pertumbuhan yang tidak biasa, benjolan, atau luka.

Bahkan jika Anda sehat, Anda dan pasangan seks Anda mungkin juga ingin menjalani tes IMS lainnya.

Jika Anda atau pasangan Anda memiliki kutil kelamin, berhentilah berhubungan seks sampai Anda tidak lagi memiliki kutil. Kita tidak tahu berapa lama seseorang bisa menyebarkan HPV setelah kutil hilang.

HPV dan Pria - Kumpulan FaktaFoto ini hanya sebagai ilustrasi

Infeksi HPV biasanya bersifat sementara. Seseorang mungkin memiliki HPV selama bertahun-tahun sebelum menyebabkan masalah kesehatan. Jika Anda atau pasangan Anda menerima diagnosis penyakit dari HPV, tidak ada cara untuk mengetahui:

●      Berapa lama Anda menderita HPV;

●      Apakah pasangan Anda menulari Anda HPV; atau

●      Apakah Anda menularkan HPV kepada pasangan Anda.

HPV tidak selalu merupakan tanda bahwa salah satu dari Anda melakukan hubungan seks di luar hubungan Anda. Penting bagi pasangan seks untuk mendiskusikan kesehatan seksual mereka dan risiko IMS satu sama lain.

Sumber

Diadaptasi dari:

Center for Disease Control and Prevention. “HPV and Men - Fact Sheet”. Diakses pada: 12 April 2023. 

Link: https://www.cdc.gov/std/hpv/stdfact-hpv-and-men.htm#:~:text=Most%20men%20who%20get%20HPV,anus%2C%20mouth%2C%20or%20throat 

Konsultasikan dengan Dokter Anda untuk skrining serviks dan vaksinasi HPV.

*Kami akan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, dengan tidak
menggunakan alamat e-mail diluar kebutuhan merespon pertanyaan Anda.

Silakan cek kebijakan privasi kami di sini.

Belum Ada Komentar
Artikel Terkait