Info HPV & Penyakit terkait HPV

Menjawab Pertanyaan Orang Tua tentang Vaksinasi HPV

Menjawab Pertanyaan Orang Tua tentang Vaksinasi HPVFoto ini hanya sebagai ilustrasi

Mengapa anak saya memerlukan vaksinasi HPV?

Vaksinasi HPV penting karena dapat mencegah infeksi yang bisa menyebabkan kanker. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa bertanya lebih lanjut ke dokter Anda. 

Penyakit apa yang disebabkan oleh HPV?

Beberapa infeksi HPV dapat menyebabkan timbulnya kanker—seperti kanker serviks dan kanker anus — namun vaksinasi HPV dapat membantu melindungi anak Anda dari risiko terkena kanker ini di masa mendatang. 

Apakah anak saya berisiko terkena infeksi HPV?

HPV adalah infeksi yang sangat umum pada remaja dan orang dewasa, termasuk perempuan dan laki-laki. 85% orang (sekitar 8 dari 10) dapat terinfeksi HPV selama hidupnya*.

Mengapa vaksinasi HPV sebaiknya dilakukan pada usia muda?

Vaksin dapat membantu melindungi anak Anda sebelum mereka terkena infeksi. Itu sebabnya sebaiknya vaksinasi HPV diberikan lebih awal untuk membantu melindungi mereka jauh sebelum terpapar.

Selain itu, jika anak Anda mendapat suntikan vaksinasi HPV sekarang (sebelum mereka berusia 15 tahun), mereka hanya membutuhkan dua dosis suntikan saja. Jika Anda menunggu sampai anak Anda lebih besar, mereka akan membutuhkan tiga dosis suntikan vaksin.

Saya khawatir anak saya akan berpikir bahwa mendapatkan vaksin ini artinya tidak apa-apa untuk berhubungan seks.

Hasil studi menunjukan bahwa mendapatkan vaksinasi nyatanya tidak membuat anak-anak lebih mungkin atau lebih berani untuk mulai berhubungan seks. Anda dapat memberikan penjelasan tentang pendidikan seksual sejak dini kepada anak Anda atau meminta bantuan tenaga kesehatan untuk melakukannya.

Mengapa anak laki-laki membutuhkan vaksinasi HPV?

Vaksinasi HPV dapat membantu mencegah infeksi yang berpotensi menyebabkan beberapa jenis kanker seperti kanker anus pada pria.

Apakah vaksinasi HPV aman?

Seperti obat apa pun, vaksin dapat menyebabkan efek samping, termasuk nyeri, bengkak, atau kemerahan di tempat suntikan. Reaksi tersebut juga merupakan hal yang normal untuk vaksin HPV dan akan hilang dalam satu atau dua hari. Terkadang anak bisa mengalami pingsan setelah disuntik dan mereka bisa saja terluka jika jatuh karena pingsan. Oleh karena itu, mungkin anak Anda akan disarankan untuk tetap duduk selama beberapa menit setelah disuntik.

Apakah Anda sebagai orang tua akan memberikan vaksin HPV untuk anak-anak Anda?

Anak-anak usia 11 – 12 tahun sebaiknya mendapatkan vaksin HPV. Di Amerika Serikat, infeksi HPV dengan tipe yang sering menyebabkan kanker dan kutil kelamin berkurang 88% pada remaja perempuan dan 81% pada dewasa muda perempuan setelah adanya vaksinasi.** 

Apakah vaksin HPV dapat menyebabkan kemandulan pada anak?

Vaksin HPV tidak menyebabkan masalah kesuburan. Namun, orang yang mengidap penyakit kanker akibat HPV akan membutuhkan perawatan yang terkadang dapat membatasi kemampuan mereka untuk memiliki anak, seperti histerektomi (untuk perempuan), kemoterapi, atau radiasi. 

Perawatan untuk prakanker serviks juga dapat membuat perempuan berisiko mengalami masalah dengan serviks mereka, yang terkadang dapat menyebabkan persalinan prematur. 

Sumber

Diadaptasi dari:

Centers for Disease Control and Prevention. “Answering Parents’ Questions about HPV Vaccination”. Diakses pada: 18 Februari 2023. Link: https://www.cdc.gov/hpv/hcp/answering-questions.html 

Tambahan referensi: 

* Centers for Disease Control and Prevention. “HPV Vaccine Schedule and Dosing”. Diakses pada: 3 Maret 2023. Link: https://www.cdc.gov/hpv/hcp/schedules-recommendations.html

** Centers for Disease Control and Prevention. “Reasons to Get HPV Vaccine”. Diakses pada: 21 Maret 2023. Link: www.cdc.gov/hpv/parents/vaccine/six-reasons.html

Konsultasikan dengan Dokter Anda untuk skrining serviks dan vaksinasi HPV.
ID-NON-00413 | APR 2023

*Kami akan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, dengan tidak
menggunakan alamat e-mail diluar kebutuhan merespon pertanyaan Anda.

Silakan cek kebijakan privasi kami di sini.

Belum Ada Komentar
Artikel Terkait