Info HPV & Penyakit terkait HPV

Tanda dan Gejala Kanker Serviks

Tanda dan Gejala Kanker ServiksFoto ini hanya sebagai ilustrasi

Perempuan dengan kanker serviks stadium awal dan pra-kanker biasanya tidak menunjukkan gejala. Gejala seringkali tidak muncul sampai kanker menjadi lebih besar dan tumbuh ke jaringan terdekat. 

Ketika ini terjadi, gejala yang paling umum adalah:
• Perdarahan vagina yang tidak normal, seperti perdarahan setelah berhubungan seks vaginal, perdarahan setelah menopause, perdarahan dan bercak di antara menstruasi, atau mengalami menstruasi yang lebih lama atau lebih berat dari biasanya. Perdarahan setelah douching (pembersihan vagina dengan larutan khusus) juga dapat terjadi.
• Keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina − cairan tersebut mungkin mengandung sedikit darah dan dapat terjadi di antara menstruasi atau setelah menopause.
• Nyeri saat berhubungan seks
• Nyeri di daerah panggul

Tanda dan gejala yang terlihat pada penyakit yang lebih lanjut dapat meliputi:
• Pembengkakan kaki
• Masalah buang air kecil atau buang air besar
• Darah dalam urin

Tanda dan gejala tersebut juga dapat disebabkan oleh kondisi selain kanker serviks. Namun, jika Anda memiliki gejala-gejala ini, segera temui dokter Anda. Mengabaikan gejala dapat membuat kanker berkembang ke stadium yang lebih lanjut dan menurunkan peluang keberhasilan pengobatan Anda.

Agar peluang terbaik untuk pengobatan berhasil, jangan menunggu gejala muncul. Lakukan tes skrining rutin untuk kanker serviks. 

Sumber

Adaptasi dari American Cancer Society. Signs and Symptoms of Cervical Cancer. Diakses melalui: https://www.cancer.org/cancer/cervichttps://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.htmlal-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html (diakses pada 24 Januari 2023)

Konsultasikan dengan Dokter Anda untuk skrining serviks dan vaksinasi HPV.
ID-NON-00383 | JAN 2023

*Kami akan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, dengan tidak
menggunakan alamat e-mail diluar kebutuhan merespon pertanyaan Anda.

Silakan cek kebijakan privasi kami di sini.

Belum Ada Komentar
Artikel Terkait